Keanggotaan

Keanggotaan dan Strategi Pendanaan Ilumarta

Ilumarta adalah wadah dari alumni arsitektur Tarumanagara dan sebagai anak kandung dari almamater yang sama, sudah selayaknya bila kita terus membina dan mengembangkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan walaupun setiap anggota Ilumarta bergelut dengan tugas dan kegiatan masing-masing di mana pun dia berada.

Dengan wadah ini justru diharapkan kita minimal tetap dapat saling berbagi informasi dan berkomunikasi sehingga rasa kebersamaan dan saling menghargai akan berkembang di antara sesama anggota yang pernah merasakan dan menikmati serta berada pada suatu lembaga pendidikan yang sama dalam suatu ikatan kebersamaan.

Tentunya hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan membentuk suatu kepengurusan dengan minimal sebuah sekretariat yang dapat dijadikan pusat untuk pelaksanaan administrasi maupun kegiatan bersama.

Kita tahu bahwa secara otomatis yang sudah keluar dari arsitektur Tarumanagara (tamat atau tidak tamat) adalah anggota Ilumarta dan kepengurusan Ilumarta meski pun para pengurusnya adalah volunter namun untuk menjalankan yang namanya sekretariat alumni itu tentunya membutuhkan biaya, seperti untuk telepon, printer, alat tulis kantor, orang administrasi, cleaning service.

Beruntung bahwa keberadaan sekretariat alumni kita sampai saat ini secara tidak resmi ditunjang oleh Jurusan, dan beruntung masih dapat ruangan (tidak resmi) untuk sekretariat, sebagai imbal balik kita dalam mengisi galeri bahan bangunan untuk pengenalan bahan bangunan kepada mahasiswa. Namun kita belum tahu hal ini akan berlangsung sampai kapan.

Untuk itu perlu dibuat strategi pendanaan agar sekretariat alumni kita ini dapat terus beroperasi, yang salah satunya melalui iuran kebersamaan. Itulah antara lain gunanya iuran yang ditarik hanya sekali untuk sepanjang masa, jadi bukan tiap bulan atau tiap tahun kudu bayar. Kesepakatan pun dibuat, bahwa dengan alasan apa pun iuran ini tidak boleh dipergunakan, dia akan menjadi dana abadi, dan apabila Ilumarta dibubarkan maka uang iuran ini harus dikembalikan lagi ke anggota. Bunga tabungan dari iuran inilah yang diharapkan dapat menghidupi sekretariat.

Strategi pendanaan yang akan dijalankan adalah pengumpulan dana yang mandiri dengan upaya berdasarkan kemampuan dan kekuatan anggotanya. Untuk itu maka strategi yang akan dijalankan adalah sebagai berikut.

1. Membentuk dana abadi organisasi yang didapatkan dari iuran kebersamaan (wajib) anggota sebesar Rp100.000,00 dari setiap alumni (pemungutan hanya satu kali untuk seumur hidup).
2. Mengusahakan dana operasional yang berasal dari sumbangan pribadi anggota, bunga dana abadi, kegiatan-kegiatan, dan sponsor di setiap acara kegiatan Ilumarta.
3. Mengupayakan kegiatan informasi melalui situs ‘website’ yang disertai dengan sponsor sebagai sarana mendapatkan dana untuk operasional.
4. Melakukan penjualan berbagai suvenir atau cenderamata Ilumarta, atau kegiatan transaksi penjualan sesama anggota yang memiliki bisnis sebagai sarana komunikasi dan saling membantu.

Mekanisme penarikan iuran wajib dan sumbangan dilakukan secara bahu-membahu, dilakukan oleh semua pengurus dan meneruskan pada alumni lainnya secara berantai per angkatan.

Semua dana bisa disetorkan langsung ke rekening Ilumarta sebagai berikut:

Dana Abadi :
Bank Mandiri No. 116-00-0224170-2
a/n. Grace & Franky Liauw

Dana Operasional :
a. Bank Mandiri
No. Acc. 116-00-0224173-6
a.n. Grace & Sylvi
b. Bank Central Asia (BCA)
No. Acc. 482-0180-009
a.n. Sylvia Wirawati T. & Rudy Surya

Penarikan iuran dan sumbangan ini sekaligus juga disertai dengan pengisian data alumni secara lengkap (nama, angkatan, alamat, telepon/HP/email, pekerjaan/usaha, minat, dan lain-lain). Data alumni ini akan memudahkan kita bila hendak berhubungan dengan rekan kita sesama alumni atau pun untuk penyampaian berita kegiatan kita bersama.

Jakarta, 3 Agustus 2009
Pengurus Ilumarta